Wednesday, October 5, 2011

5 Langkah menjadi Lagu,,,

MENULIS LAGU DENGAN MUDAH


1. Jujur.
Tidak ada istilah bahwa seseorang butuh inspirasi dalam mengarang lagu. Asalkan setiap orang berani jujur, pasti lagu yang mengungkapkan suasana hati dengan kualitas yang tinggi pasti akan tercipta.
Patut diketahui bahwa lagu yang diciptakan menunjukkan seperti apa orang tersebut. Sebagai contoh, Kangen Band yang lagunya 'katrok' menandakan bahwa perjalanan kehidupan mereka masih sedikit 'katrok' dan mengapa mereka disukai dikarenakan ke'katrok'
an mereka. (gue males ngebahas nih band, tapi mau gimana lagi)

2. Jangan bergantung pada suasana
Ngebuat lagu bisa dilakuin dimana aja. Kadang2 kalo kita mencoba untuk jujur, dimanapun kita bisa mengungkapkan perasaan hati ke dalam lagu. Seperti lagu 'bayangkanlah' dari Padi yang tercipta dari sekedar kumpul2 sambil makan gorengan dipadu dengan teh manis yang hangat. Sederhana bukan?

3. Perluas referensi musik
Lagu yang kita ciptain berasal dari apa kita dengar kebanyakan, Pabila kita banyak mendengar lagu bertempo cepat dan keras, yah mungkin lagu kita ga bakal jauh beda dengan apa yang kita dengar. Hal tersebut, sekali lagi, menunjukkan bahwa butuh kejujuran dalam menulis lagu. Biar lagu kita terasa enak didengar dan disukai banyak orang, kita harus memperluas referensi lagu kita agar bisa terdengar lebih unik.

4. Pikirkan sesuatu yang paling berkesan ketika membuat lagu (entah itu senang atau sedih)
Kalo membuat lagu, usahakan untuk mengingat sebuah kenangan yang melekat di hati. Lagu bisa juga dijadikan dokumentasi kehidupan. Malah dokumentasi dengan menggunakan lagu akan terasa lebih indah dibanding kata2. Hal ini dikarenakan lagu memiliki ikatan emosional yang lebih tinggi melalui nada2 yang indah dan melodi yang dinamis yang bisa membuat kenangan tersebut terasa lebih indah.

5. Gunakan bahasa yang sesuai dengan nuansa lagu untuk menambah keindahan lagu tersebut.
Mengapa nidji menggunakan bahasa inggris untuk beberapa lagunya? Hal itu dikarenakan lagu2 ciptaan mereka bener2 memiliki 'charm' jika ditampilkan dalam bahasa inggris. Berbeda dengan band seperti Padi atau peterpan. Apabila lagu ciptaan mereka dilantunkan dalam bahasa inggris, maka makna mendalam yang menjadi kekuatan mereka dalam liriknya tidak akan tersampaikan ke pendengar. Oleh karena itu gunakan bahasa yang sesuai.
Tips ini kususun untuk membantu orang2 yang ingin membuat lagu tapi ga pernah ketemu gimana caranya dan terlalu terpaku pada suatu patokan. O iya, tips terakhir. Jangan pernah membuang karya ciptaan walau jelek banget! Kalau bukan kita yang menghargai karya kita, siapa lagi?? 

No comments:

Post a Comment